5 Pemeriksa Backlink Gratis Teratas yang harus Anda gunakan


Otoritas situs web dan halaman, sebagaimana ditentukan oleh jumlah dan kualitas backlink, adalah salah satu faktor peringkat pencarian terpenting. Ini juga merupakan salah satu area pengoptimalan mesin pencari di mana Anda dapat memperoleh keuntungan paling banyak dari pesaing Anda. Tentu, ada juga teknis dan SEO pada halaman, penelitian kata kunci, dan pengoptimalan konten, tetapi hanya banyak yang dapat Anda tingkatkan di area ini. Dengan membangun tautan - langit adalah batasnya.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting bahwa Anda dilengkapi dengan alat tautan balik terbaik. Pemeriksa backlink terbaik akan memungkinkan Anda menemukan peluang membangun tautan baru, menemukan strategi pesaing Anda, dan memantau kesehatan profil backlink Anda. Dalam posting ini, kami akan fokus pada beberapa pemeriksa backlink terbaik di pasar, dengan satu syarat tambahan - mereka harus tersedia secara gratis, baik seluruhnya atau setidaknya sebagian.

1. SEO SpyGlass

Salah satu alat analisis backlink yang benar-benar dapat melakukan semuanya.

SEO SpyGlass memberi Anda dasbor yang sepenuhnya ditentukan untuk analisis dan manajemen tautan balik. Tidak seperti pemeriksa gratis lainnya, SpyGlass memungkinkan Anda untuk menyortir dan memfilter data tautan balik yang ditemukan menggunakan salah satu dari beberapa lusin parameter tautan balik:

  • Menghubungkan dan menautkan halaman;
  • Teks jangkar dan URL jangkar;
  • Atribut dofollow dan nofollow;
  • Otoritas domain dan halaman dari sumber link;
  • Risiko hukuman, yaitu seberapa spam sumber tautan;
  • Dan banyak lagi.

Jumlah tautan balik yang dapat Anda lihat secara gratis dibatasi hingga 1.100 per domain, tetapi jumlah domain yang dapat Anda periksa tidak terbatas, sehingga Anda dapat meneliti situs web Anda sendiri serta situs web pesaing Anda. Dan jika Anda menginginkan beberapa data tambahan, ada opsi untuk menghubungkan SEO SpyGlass ke Google Search Console dan Google Analytics. Setelah terhubung, Anda akan dapat menarik informasi backlink Anda dari alat Google, menuangkannya ke SEO SpyGlass, dan memproses data menggunakan dasbor SEO SpyGlass - gratis.

Dan ketika datang untuk menemukan peluang backlink baru, SEO SpyGlass dilengkapi dengan fitur yang disebut Perbandingan Domain. Tambahkan beberapa pesaing Anda dan temukan situs web tempat backlink mereka bersinggungan. Situs web ini adalah petunjuk langsung Anda. Karena situs web ini ditautkan ke dua atau lebih pesaing Anda, itu berarti mereka tidak memiliki kemitraan yang sangat eksklusif dan mungkin akan setuju untuk menautkan ke situs web Anda juga.

Terbaik untuk: dengan analitik canggih dan penyisihan data terbesar dalam daftar ini, SEO SpyGlass paling baik digunakan sebagai basis utama Anda untuk penelitian dan manajemen tautan balik.

Tunjangan data gratis: hingga 1.100 tautan balik per domain, pemeriksaan domain tak terbatas, analitik tautan balik tak terbatas.

2. Google Search Console

Alat backlink gratis dengan penyisihan data yang besar, tetapi peluang terbatas untuk analisis backlink.

Search Console adalah alat Google yang dimaksudkan untuk membantu webmaster meningkatkan situs web mereka. Ini sepenuhnya gratis, tetapi hanya dapat digunakan untuk menganalisis situs web yang Anda miliki. Setelah kepemilikan Anda diverifikasi, Anda akan diberikan akses ke berbagai dasbor kualitas situs, salah satunya adalah daftar tautan balik yang diambil langsung dari indeks Google. Betapapun panjang daftarnya, Anda hanya dapat melihat 1.000 hasil teratas. Tidak ada metrik tambahan dan tidak ada fitur analitik yang disediakan di tempat, tetapi Anda bebas mengekspor data dan menganalisisnya menggunakan alat lain.

Hal aneh tentang Search Console adalah daftar backlinknya biasanya jauh lebih pendek daripada daftar backlink dari pemeriksa backlink lainnya. Itu karena Search Console menghapus backlink berkualitas rendah dari daftar dan hanya menghitung yang penting. Jenis pemeriksaan ini berarti Anda tidak dapat menggunakan alat tersebut untuk menangkap tautan balik yang berisi spam dan menghapusnya dari profil Anda. Tapi, sisi baiknya, itu juga berarti Anda menerima sekumpulan tautan balik yang sangat berbeda dari alat lain.

Terbaik untuk: Google Search Console paling baik digunakan sebagai sumber data tautan balik mentah, yang kemudian dapat diekspor ke SEO SpyGlass untuk analisis dan wawasan tambahan.

Tunjangan data gratis: hingga 1.000 tautan balik, tetapi Anda hanya dapat memeriksa situs yang Anda miliki.

3. Seobility

Alat yang sempurna untuk meninjau cepat profil backlink Anda atau pesaing Anda.

Seobility memungkinkan hingga tiga pemeriksaan tautan balik per hari dan membatasi jumlah tautan balik yang dapat Anda lihat hingga 400 per cek. Daftar tautan balik diurutkan dari peringkat tautan tertinggi hingga terendah, jadi, meskipun jumlah tautan yang dapat Anda lihat terbatas, Anda dapat melihat yang terbaik.

Tautan tersebut disertai dengan beberapa parameter tambahan, seperti teks tautan, atribut dofollow / nofollow, jenis tautan, dan halaman tertaut. Di bagian atas halaman, Anda juga mendapatkan ringkasan singkat dari keseluruhan profil backlink: jumlah total backlink, peringkat domain, dan jumlah domain pengarah.

Terbaik untuk: Seobilitas dapat digunakan dalam dua cara. Salah satunya adalah memeriksa situs web Anda sendiri dan mungkin menemukan beberapa tautan yang terlewat oleh Search Console dan SEO SpyGlass. Kedua adalah melakukan pemeriksaan cepat terhadap tautan balik pesaing Anda dan mendapatkan wawasan tentang strategi mereka.

Tunjangan data gratis: 400 tautan balik per cek, tiga cek per hari.

4. Ahrefs

Alat pemeriksa tautan populer yang mengambil data dari salah satu indeks tautan balik terbesar.

Ahrefs backlink checker memungkinkan pemeriksaan dalam jumlah tak terbatas per hari, tetapi jumlah backlink yang dapat Anda lihat dibatasi hingga 100 teratas. Tautan balik datang dengan beberapa metrik tambahan, seperti domain dan otoritas halaman, lalu lintas, dan teks dan jenis jangkar. Ada juga tinjauan singkat untuk keseluruhan profil backlink: peringkat domain, jumlah total tautan balik, dan jumlah total domain pengarah.

Paling baik untuk: gunakan pemeriksa ini secara bergantian dengan Seobility untuk penjelajahan cepat situs web Anda atau pesaing Anda. Gunakan Ahrefs dulu karena tidak ada batas harian. Jika sepertinya ada sesuatu yang menarik di luar 100 backlink pertama, alihkan ke Seobility untuk mengambil beberapa ratus backlink lain yang tersedia di sana.

Tunjangan data gratis: 100 tautan balik per cek, cek tak terbatas per hari.

5. SEMrush

Alat terbaik untuk menghasilkan laporan backlink tingkat tinggi dan ringkasan domain.

Sebagian besar alat di daftar ini mencoba menarik pengguna dengan mengizinkan mereka melihat tabel tautan balik parsial dan kemudian meminta pembayaran untuk memeriksa sisanya. SEMrush telah pergi ke arah yang sama sekali berbeda. Ini berbagi banyak analitik backlink, tetapi tidak ada daftar backlink. Jadi, Anda bebas menjelajahi hal-hal tingkat tinggi, tetapi, jika ingin menelusuri lebih jauh, Anda harus membeli langganan.

Ini baik-baik saja karena analitik tingkat tinggi adalah satu-satunya hal yang hilang dari sebagian besar pemeriksa backlink gratis lainnya. Dan SEMrush punya banyak hal untuk dibagikan. Mereka menawarkan lebih dari selusin tabel dan grafik yang meringkas profil backlink Anda: backlink menurut industri, negara, domain tingkat atas, atribut, jenis, jangkar, dan skor otoritas, serta riwayat backlink selama lima tahun.

Paling baik untuk: SEMrush adalah alat yang hebat untuk menghasilkan laporan yang cepat dan tampak menarik dan mengambil pandangan luas dari upaya membangun tautan Anda atau pesaing Anda.

Tunjangan data gratis: laporan tidak terbatas, tetapi hanya 5-10 tautan balik aktual per domain.

Pikiran terakhir
Salah satu keuntungan menggunakan alat SEO gratis adalah Anda mungkin harus mengorbankan beberapa kenyamanan. Dalam kasus pemeriksa backlink, itu bisa berarti menggunakan kombinasi alat yang berbeda untuk memenuhi semua kebutuhan penelitian backlink Anda.

Dari alat pemeriksa tautan yang dibahas dalam artikel ini, sebagian besar kebutuhan Anda akan terpenuhi dengan kombinasi SEO SpyGlass dan Google Search Console. Analisis di SEO SpyGlass dapat digunakan untuk mengimbangi kurangnya metrik di Search Console, sementara data Search Console dapat digunakan untuk mengatasi batas backlink di SEO SpyGlass. Bersama-sama, keduanya membuat basis yang kuat untuk memantau dan mengelola profil backlink Anda sendiri dan beberapa memata-matai pesaing Anda.

Selain itu, versi gratis Seobility dan Ahrefs dapat digunakan untuk ekstraksi backlink yang cepat namun terbatas, sedangkan versi gratis SEMrush dapat menyediakan analisis dan pelaporan yang sangat dibutuhkan. Bersama-sama, ketiganya membuat kombo yang sempurna untuk memata-matai pesaing Anda dan mengungkap strategi backlink mereka.

Posting Komentar